Manfaat Sayur Jantung Pisang untuk Diabetes

Jantung pisang merupakan satu bagian dari pohon pisang yang sering kali dibuang karena bagian ini dianggap tidak berguna. Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena jantung pisang pada dasarnya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Jantung pisang dianggap sebagai bagian dari sayuran di wilayah Asia Tenggara. Karana itu, tidak jauh berbeda dengan sayuran lainnya, jantung pisang juga mengandung berbagai macam nutrisi untuk manusia. Sayuran ini bisa diolah dengan berbagai macam cara.

Manfaat sayur jantung pisang bagi kesehatan manusia dipengaruhi oleh adanya kandungan nutrisi yang melimpah. Diantaranya seperti vtamin A, vitamin C, vitamin E, beragam mineral, asam lemak, tannin, saponin, glikosida, hingga steroid merupakan macam-macam kandungan nutrisi ada di jantung pisang. Oleh karenanya, tidak ada salahnya bila anda sesekali mengonsumsi sayuran berwarna merah ini untuk mendapatkan khasiat kesehatannya.

Manfaat sayur jantung pisang yang pertama adalah menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara yang bisa menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, autoimun, gangguan kardiovaskular dan lainnya. Ekstrak dari jantung pisang mengandung tinggi antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif. Senyawa yang dimiliki jantung pisang, polifenol dan flavonoid dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA akibat reaksi dari senyawa bebas. Selain itu, sayur jantung pisang juga dapat mencegah infeksi bateri  dan mengurangi adanya penyakit diabetes.

0 Response to "Manfaat Sayur Jantung Pisang untuk Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel