Kapan Harus Ganti Oli Motor

Kebanyakan orang beranggapan bahwa mengganti oli harus berdasarkan buku petunjuk atau buku manual. Biasanya buku manual yang diperoleh langsung dari pabrik menganjurkan pergantian oli motor setiap 2.000 hingga 3.000 km. Atau dalam jangka waktu dua bulan. Ketika melebihi batas waktu yang ditentukan pastilah mesin motor mengalami gejala yang menimbulkan kerusakan. Padahal kerusakan pada mesin motor tidak hanya disebabkan oleh pergantian atau penggunaan oli. Banyak hal yang mengakibatkan kerusakan pada mesin atau motor itu sendiri.



Namun, anda sebagai pemilik motor juga harus mengetahui kapan dan bagaimana harus mengganti oli pada motor kesayangan. Sebenarnya setiap motor memiliki ketentuan penggantian oli sendiri. Begitu pula dengan jenis motor injek dan metic. Oleh karena itu, anda harus menjaga kualitas motor agar tetap baik dan terwat. Mengganti oli juga berdampak pada performa motor itu sediri.

Kebanyakan orang berfikir bahwa motor yang sering digunakan berarti oli yang ada di dalam masih layak digunakan. Padahal pergantian oli tidak berdasarkan jarak dan waktu saja. Rute pun harus dipertimbangkan. Rute yang halus dan nanjak juga berpengaruh denga kualitas oli. Jika mesin tak lagi bersuara mulus atau mulai keras, hal tersebut bertanda bahwa oli di dalam harus diganti. Jika tidak diganti akan menimbulkan kerusakan pada mesin atau bahkan komponen yang lain.

Comments

Popular Posts