Bagi pemilik kendaraan seperti motor juga harus memperhatikan waktu untuk mengganti oli yang benar. Tak jarang banyak orang yang tidak mengetahui namun mengerti terkait waktu yang benar dalam mengganti oli motor itu sendiri. Kebanyakan orang mengatakan bahwa mesin motor yang jarang digunakan membuat komponen awet dan tidak mudah rusak. Padahal Hal tersebut akan membuat mesin motor dan komponen mudah cerewet dan mengalami kerusakan.



Melihat pada umumnya batas yang sering digunakan masyarakat adalah 10.000 km dengan jarak waktu sekiar enam bulan oli harus diganti. Kemungkinan besar hal tersebut telah dianggap benar oleh masayarkat sekitar. Padahal banyak faktor yang mempengaruhi kapan oli harus diganti.

Perlu diketahui bahwa oli adalah sebuah pelumas mesin yang digunakan pada setiap kendaraan bermotor. Sedangkan setiap pelumas pasti mengandung zat aditif yang sifatnya tidak bisa bertahan lama. Zat aditif biasanya dicampur dengan formula khusus untuk memberikan perlindungan kepada komponen motor agar terjaga dan lebih optimal dalam pengoperasian.

Dengan adanya zat aditif yang sengaja dicampur oleh formula khusus akan mencegah proses korosi dan meredam panas yang berlebih. Hal tersebut dapat dilihat dengan oli yang ada di dalam mesin motor. Zat yang terkandung pada oli tidak bertahan lama, anda harus segera mengganti agar kandungan zat aditif tetap berfungsi secara optimal.